Sunday, December 9, 2012

A Search to Remember


Banyak hal yang kita lewatkan, mungkin nggak bisa terulang. Atau bisa, tapi tidak sama rasanya.
Adakalanya berbagai macam dokumentasi hilang. Atau bahkan Facebook tidak sanggup menyimpannya untuk dikenang. Ini adalah beberapa perjalanan, dengan dokumentasi seadanya. Yang hilang masih tersimpan di memori dari Tuhan di dalam kepala.
A Search to Remember adalah semacam metode-metodean untuk mengenang.
(Klik sub-judul dibawah untuk dokumentasi yang lebih banyak lagi. Saya hanya ingin mengenang, dan berimaji. Semoga penasaran dan terinspirasi kembali. Untuk informasi lebih lanjut bisa tanya toko buku atau Google. Semoga Tuhan memberkati buku lebih dari Google.)



BANTEN LAMA, dalam rangka praktek lapangan mata kuliah Arkeologi. Angkatan 2008. Dokumentasi: HILANG! (Red: Dengan nada Efek Rumah Kaca di lagu Hilang) 


Berangkat kesini dalam rangka kuliah lapangan tahun 2009 silam. Beramai-ramai tiga angkatan kelas 2008, 2007, 2006. 



Kelompok belajar Masyarakat dan Kebudayaan Asia Tenggara. 2009.





Baru jadi Mahasiswa, Baru menjadi: BANDUNG
Mencoba mengenal Bandung pada tahun 2008, bersama sahabat-sahabat yang masih menjadi lekat sampai hari ini. Dan Bandung sekarang ah .. ya begitulah. Terlalu banyak.



LONG MARCH, di hari Ulang Tahun Bandung
Hari itu saya menjadi panitia sebuah acara kampus. Dan long march ini merupakan salah satu rangkaian acara dimana kami memberikan ratusan pohon kepada orang-orang di kendaraan yang lalu lalang. Saya lebih ingin berinteraksi dengan orang-orang yang memang hidup sehari-hari di jalan itu. Cikapayang, saya lupa tanggal dan tahunnya.



SAAT USIA LIMAPULUH - Hanafi, Galeri Nasional Jakarta
Pameran lukisan dan Instalasi oleh Hanafi. Mestinya dokumentasi ini ada di Facebook saya. Tapi entah kenapa HILANG! Akan menyusul saja.... 


KAMPUNG KUTA, Ciamis
Ini adalah sebuah praktek, Proses Penelitian. Bersama desa, hutan, dan aturan-aturannya.



KARIMUNJAWA, JEPARA
Belajar mengenal sesama dalam perjalanan, maka niscaya ongkos anda akan menjadi lebih murah dengan akses yang lebih mudah. Juli 2011.



Selalu pulang, saya rasa itu kata yang tepat untuk mewakili Lebaran. Seperti kue-kue yang entah dimana berada selain di hari ini. Karena ini hari spesial, fotonya DUA :)



 


Serba merah, banyak jananan, banyak mainan, banyak pawai, dan kita datang banyak untuk bikin lebih banyak lagi yang seru-seru. Semoga perayaan ini tetap berlanjut :) 2011.



Sekian dulu, A Search To Remember kali ini... Masih banyak PR dalam rangka mengenang. Tapi ini fakta, bahwasanya mengenang itu menghabiskan banyak waktu. Waktu untuk mengingat, mencari bukti dokumentasi, dan menyesali bahwa banyak yang hilang. Di A Search to Remember edisi pertama ini, saya di kejutkan oleh menghilangnya sejumlah banyak foto di facebook... Aaaaaa. Dan mungkin dalam A Search to Remember kita belajar untuk ikhlas, dan memperbaiki kesalahan.

A Search to Remember selanjutnya akan coba mencari kenangan: Ngayogyakarta yang ceriwis, Kasepuhan Ciptagelar dengan sajian ceria, tanaman sorgum di Mangunjaya, Wisata Darat di Kota Tua Jakarta, Mudik hebring, mencari Lumba di Kiluan Bay, kenangan lama Pangandaran dan Batu Karas, Panas-panasan di Ujung Genteng, dan dan dan..., 

Nanti lah kalau ada waktu luang kan saya kenang....

Bekasi, 9 Desember 2012
tiaradewi :)

2 comments:

Pecandumalam said...

ya', kenal mas hanafi juga? pernah maen ke galerinya di depok gak?

Tiara Dewiyani said...

waktu itu bareng sama anak-anak ke pamerannya. sama bu selly juga kok. dalam rangka lagi ada mata kuliah seni. nggak kenal. hehe :D